Sunday, August 14, 2011

MERPATI VS INTERNET

Hari gini masih pakai merpati pos? Jadul banget! Tetapi, sebuah perusahaan moderen di Pietermaritzburg, Afrika Selatan, malah mencoba menggunakan merpati pos untuk mengirimkan data elektronik ke kantor pusat.
          Data yang ada dalam MC (memory card) itu diikatkan pada kaki merpati berumur 11 bulan bernama Winston. Winston lalu wrrr... terbang ke kantor pusat yang jauhnya 80 km. Wah, dia pasti ngebut. Soalnya, hanya dalam waktu satu jam lebih delapan menit, Winston sudah sampai. Selanjutnya, oleh staf kantor, MC yang membuat data sebesar 4 gigabytes itu lalu disebarkan ke kantor-kantor cabang yang ada di berbagai negara.
         


      Kenapa mereka tidak menggunakan internet untuk mengirim data ke kantor pusat? alasannya, internet disana lambat banget, karena broadband  nya kecil. Bayangkan, untuk mengirim data yang besarnya 4 gigabytes diperlukan waktu 6 jam lebih. Kalau cuaca tidak bagus dan jaringan internet putus-putus, bisa-bisa sampai 2 hari. Sementara merpati, hanya perlu waktu sekitar 1 jam untuk perjalanan, plus sekitar dua jam untuk menyebarkan data ke berbagai kantor cabang. Nah, lo! jadi, pilih internet atau merpati.?

No comments:

Post a Comment