Friday, August 12, 2011

DELIMA (BUAH NAN CANTIK DAN NIKMAT)

Jika dibuka, tampaklah butiran-butiran warna merah yang menarik. Rasanya manis. Makanlah bersama bijinya, sebab banyak vitaminnya, itulah delima.


Menyebar ke Seluruh Dunia


         Delima berasal dari iran, Dari situ tanaman ini dikembangbiakkan di banyak daerah. Afganistan, India, Malaysia, Indonesia, Kawasan mediterania, Amerika, Eropa, bahkan Afrika. 
Tanaman ini memang tidak "rewel". Pohon delima bisa tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtropis, dari dataran rendah hingga 1.000 meter diatas permukaan laut. Yang penting, tanahnya gembur dan tidak terendam air.


Cantik Rupanya Banyak Gunanya




         Buah delima berwarna merah, merah muda, dan putih. Buah delima merah paling banyak dijumpai. Warna buah delima memang menarik. Cantik sekali. Begitu melihat, uuuhh... langsung terbit air liur.


Tidak salah jika kamu tergiur makan delima. Sebab, buah ini banyak khasiatnya. Buah ini biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan menyembuhkan peradangan kulit. 
Delima juga digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan, gangguan perut, diabetes, gangguan jantung, juga kolesterol. Bahkan, delima mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. Wow!






Fakta-fakta delima:
  • Biji-biji delima menjadi logo di banyak kota di turki.
  • Di spanyol ada kota bernama Granada yang berasal dari nama buah delima (nama ilmiah delima adalah punica granatum).
  • Di Eropa, banyak pohon delima yang berusia lebih dari 200 tahun.
  • Delima tidak hanya bisa dimakan langsung. Delima juga bisa dijadikan jus, saus, sirup, dan campuran makanan.
  • Pohon delima tidak hanya ditanam untuk diambil buahnya. Tanaman ini juga digunakan untuk tanaman hias, bonsai, dan tanaman obat.
Sekian...


No comments:

Post a Comment