Sunday, August 14, 2011

BERKELILING KREMLIN DAN LAPANGAN MERAH

Hmm, berada di sekitar Kremlin ... rasanya kita seperti terdampar di sebuah negeri dongeng. Sejauh mata memandangk, nampaklah menara-menara istana dan katerdal. Bentuknya unik dan menjulang tinggi. Lalu sebentar-sebentar terdengar lonceng-lonceng berkelonengan. Indah di mata, juga manis di telinga.

      Kremlin yang dibangun pada abad 15 dan dikelilingi tembok batu-bata, terletak di Moskow, ibu kota Negara Federasi Rusia. Luas Kremlin sekitar 27,5 hektar dan dari luas sekilas berbentuk seperti sebuah benteng kuno. Hebatnya, hingga hari ini, kremlin dipakai sebagai pusat pemerintahan rusia yang amat berpengaruh di dunia ini.
              Mengelilingi Kremlin, tentu kita akan capai juga, Tapi tak apalah, sekali-sekali. Oho, pertama-tama kita bisa mengawalinya dari ujung Lapangan merah yang terhampar di depan Kremlin. Memang, Kremlin dan Lapangan Merah itu tak bisa dipisahkan. Sama-sama ngetop.

            Di ujung utara Lapangan Merah, kita akan menjumpai Museum Sejarah Negara yang megah dan besar. Lalu kita nikmati Lapangan Merah yang berukuran 695 x 130 meter itu. Di sinilah para pengunjung berlalu lalang dengan sepuasnya. Di sisi kanan, tampaklah tembok Kremlin yang kokoh dan berwibawa itu.
            Kalau kita melebar ke kanan, disitu ada bangunan yang merupakan makam Vladimir Ilych Lenin, bapak Komunis Rusia. Sementara itu nun jauh di sisi kanan. Mata kita akan menatap pusat GUM (Gosudarstvenny Universalny Magazin). Bentuknya tinggi memanjang.

           Nah, yang luar biasa, tidak jauh dari GUM, terdapat katerdal St. Basilius yang elok permai. Bentuk kubahnya mirip mesjid dan berwarna-warni. Sungguh luar biasa. Biasanya pengunjung tidak akan pernah lupa berfoto dengan latar belakang Katerdal St. Basilius. Dari sini kita berjalan sesaat dan kemudian belok kanan.
           Kita terus berkeliling. Sambil menyusur di samping sungai Moscow, kita amati Kremlin. Dari kejauhan tampak menara Sang Penebus, Katerdal Warta Gembira dan Katerdal Maria Diangkat Ke Surga. Juga terlihat istana kremlin yang megah. Bukan maain. Kubah-kubah katedal itu berwarna kuning Keemasan.

           Berada di belakang Kremlin, kita bisa melihat dua bangunan besar yang dipakai sebagai museum atau koleksi senjata. Dan kita punya kesempatan masuk ke Kremlin, maka kita bisa menengok Lonceng dan Meriam Kaisar. Dari luar memang tak tampak.

Bisa berkeliling Kremlin dan lapangan Merah memang impian banyak orang.

No comments:

Post a Comment