Thursday, June 23, 2011

PATUNG BUDHA DI KUIL-KUIL KOTA BANGKOK

Jika ke Bangkok, sempatkanlah mengunjungi tiga kuil Budha ini. Wat Pho, Wat Traimit, dan Wat Pra Keo. Kuil-kuil tersebut bukan hanya megah bangunannya. Namun, di dalamnya ada patung Budha yang amat terkenal.

Budha Berbaring di Wat Pho 


Nama lengkap kuil ini cukup sulit dibacanya. Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn, itulah namanya. Dulu, kuil ini diberi nama Kuil Pho atau Wat Pho.
Kuil ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan kuil tertua di Bangkok. Di dalam kuil ini terdapat lebih dari 1.000 wujud Budha. Yang paling terkenal adalah Patung Budha yang sedang berbaring.

Patung Budha Berbaring ini amat besar. Panjangnya 46 meter dan tingginya 15 meter. Patung tesebut berlapis emas. Patung tersebut dibuat pada masa Raja Rama III, yang memerintah pada tahun 1824-1851.
Posisi berbaring Sang Budha tersebut menggambarkan salah satu posisi yoga. Ya, kuil ini memang pusat pendidikan pengobatan tradisional Thailand. Patung-patung Budha yang ada di kuil ini juga menggambarkan aneka posisi dalam yoga.




Budha Berpakaian Emas di Wat Phra

Nama kuil ini adalah Wat Phra Sri Rattana Satsadaram. Biasa disingkat Wat Phra atau Kuil Phra. Kuil Ini merupakan kuil tersuci di Thailand. Letaknya pun bukan di sembarang tempat. Wat Phra  terletak di dalam kompleks Grand Palace atau istana kerajaan.
Di dalam Wat Phra terdapat patung budha sedang duduk. Tinggi patung ini 45 cm dan memakai pakaian dari emas. Patung Budha ini terbuat dari sebuah batu jade atau batu mulia berwarna hijau. Patung tersebut bernama The Emerald Budha.

Konon, The Emerald Budha dibuat di India pada tahun 43 SM. Patung tersebut dibawa keluar India untuk menyelamatkannya dari perang. Setelah pindah dari satu negara ke negara lain. akhirnya patung itu ditempatkan di Wat Phra.
The Emerald Budha memiliki tiga set pakaian emas. Masing-masing menggambarkan musim di Thailand, yaitu musim panas, musim hujan, Raja Thailand mengganti pakaian patung itu dengan upacara khusus.


Budha Emas di Wat Traimit

Wat Traimit terletak di Shamphanthawong, sebuah daerah padat di Bangkok. Dulu, Kuil Traimit tidak dianggap istimewa. Kebetulan, kuil ini mendapat patung Budha dari gips yang dipindah dari kuil tua lain yang hendak dirobohkan. Bahkan, Kuil Traimit tidak punya tempat untuk memajang patung Budha itu. Baru sekitar 20 tahun kemudian, tahun 1955, Wat Traimit dipugar untuk bisa meletakkan patung Budha di tempat yang sepantasnya.

Saat pemugaran, badai dan banjir sempat melanda seluruh kota. Ketika petugas meneliti kerusakan kuil, gips patung tersebut terkelupas. Tampaklah di dalamnya patung Budha dari emas! bukan hanya berlapis emas, lo. 
Banyak yang menduga patung setinggi 3 meter ini berumur ratusan tahun. Patung tersebut sengaja dilapisi gips agar tidak diambil oleh musuh kerajaan Thailand. Kini, patung itu merupakan patung budha dari emas yang terbesar di dunia.


Wat Pho, Wat Phra, dan Wat Traimit tampak ramai. Pengunjungnya bukan hanya umat Budha dari seluruh dunia yang ingin berdoa. Di antara mereka juga terdapat banyak turis yang ingin mengagumi keindahan dan kemegahan patung-patung budha.

No comments:

Post a Comment