Friday, June 24, 2011

KILIMANJARO (Impian Para Pendaki)


Kenapa Kilimanjaro menjadi impian pendaki gunung?

Inilah dia. Si megah Kilimanjaro
Kilimanjaro adalah gunung yang terkenal di dunia. Kilimanjaro berada di negara Tanzaniaa, Afrika. Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di Afrika. Saking tingginya, puncak gunung Kilimanjaro tertutup es. Padahal, Kilimanjaro terletak di daerah tropis Afrika yang panas. Wow, dari kejauhan Kilimanjaro tampak putih berkilauan.

Oleh karena itu, penduduk asli Afrika menamai gunung es ini gunung putih atau Kilima Njaro. Dalam bahasa afrika, Kilima artinya gunung dan Njaro artinya putih.

Pendaki gunung di dunia berharap bisa mendaki gunung Kilimanjaro. Karena pendakian di Kilimanjaro sangat menantang. Bayangkan, pendaki harus melalui berbagai macam iklim. 

Jalan berbatu di kilimanjaro
Awalnya, pendaki dibuat kepanasan gara-gara suhu dataran rendah Kilimanjaro sangat panas. Pendaki lalu memasuki daerah hutan yang lebat dan lembab. Uuuhh, di hutan yang lembab dan lebat ini pendaki merasa gerah. Untungnya, kabut sering turun di hutan ini. 

Pemandangan kabut di sela-sela pepohonan  raksasa yang indah, menghibur hati para pendaki. Semakin tinggi Gunung Kilimanjaro, udara berubah jadi dingin. Kaki pendaki jadi lemas menapaki dataran berpasir diantara batuan cadas. 
Pendaki lemas karena udara atau oksigen semakin tipis. Oksigen yang tipis menyebabkan energi yang dihasilkan tubuh jadi sedikit.

Inilah dia Uhuru Peak
Semak-semak dan lumut yang aneh banyak ditemukan di dataran tinggi Kilimanjaro. Bunga abadi bertebaran sangat indah dengan latar belakang langit biru. Pemandangan yang sangat luar biasa.
Eits, pendakian belum selesai jika pendaki belum mencapai daerah super dingin di puncak Kilimanjaro. Itulah puncak Kilimanjaro yang bernama Uhuru Peak. Olala, suhu udara di Uhuru Peak seperti di Kutub Utara.

Namun, para pendaki kilimanjaro puas. Berdiri di puncak Kilimanjaro berarti telah berdiri di puncak gunung tertinggi nomor empat di Planet Bumi. Hanya orang hebat yang bisa mencapai puncak Kilimanjaro.



No comments:

Post a Comment